Sanggar Wandan Jaya Ramaikan Pameran Budaya

Marrin News, Langgur. ‐ Pelaksanaan Pameran Budaya dalam rangkaian Festival Pesona Meti Kei (FPMK) yang berlangsung mulai tanggala 15‐20 Oktober 2016 guna mengeksplorasi dan mempromosikan berbagai budaya dikepulauan kei diselenggarakan digedung serbaguna larvul ngabal.

Sanggar wandan Jaya yang pada Karnaval budaya telah mempersembahkan salah satu tarian adat yang masih terjaga nilai kesakralannya adalah tarian WANNAR yang berasl dari ohoi banda Ely, tarian wannar merupakan salah satu tarian adat dari ratusan tarian yang ada di Maluku tenggara diketahui masih memiliki nilai budaya yang terjaga oleh masyarakat wandan atau masyarakat banda ely mulai dari banda naira hingga di kepulauan kei.

Ketua Sanggar Wandan Jaya Ny Hidayah Salamun/B ketika di konirmasi media ini menjelaskan bahwa sanggar wandan jaya merupakan salah satu tarian tradisional leluhur mulai dari banda naira hingga saat ini.

“ kami masih tetap mewarisinya, untuk hajatan festifal pesona meti kei ini kami siap tampil untuk memperagakan tarian wannar serta kerajinan kerajinan tanggan yang juga merupakan hasil karya leluhur hingga kini sebagai generasi penerus kami masih terus melestarikan” Jelasnya

Lebih lanjut salamun mengatakan selain mengikuti Carnaval saat ini dirinya juga sementara membuka pameran di gedung serbaguna untuk menawarkan hasil hasil kerajinan tangan berupa suram, belangga , siley, topi serta kerajian tangan lainya yang di buat dari bahan bahan local untuk di promosikan.

Dirinya mengharapkan baik kepada masyarakat kota tual dan langgur dan terlebih khusus keluarga wandan agar mengunjungi stand pada pameran yang telah disiapkan guna melihat kerajinan kerajianan tangan yang dipromosikan

“saya menghimbau kepada warga kota tual dan malra pada umumnya dan keluarga wandan khususnya agar pada hari selasa tanggal 18 oktober ikut menyaksikan tarian wannar yang kami peragakan di gedung serba guna perumnas”tutupnya.(SS_FG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *